Pages

Thursday, September 27, 2012

Penggunaan Produk Lokal Untuk Menghindari Krisis


Negara - Negara Eropa dan Amerika Serikat saat ini sedang dibayang-bayangi krisis moneter tentu saja ini sangat memprihatinkan apalagi melihat dampak yang ditimbulkan bila krisi ini terus berlanjut dimana dampak tersebut hustru akan merambat kenegara-negara berkembang termasuk Indonesia, bahkan dampak yang diterima Indonesia bisa lebih besar. Tentu saja ini harus menjadi perhatian khusu bagi semua kalangan entah itu produsen konsumen maupun pemerintah.

Indonesia sendiri saat ini cenderung sebagai negara konsumtif, impor barang dari luar jauh lebih besar dari ekspor sehingga ketika terjadi krisis global maka bisa dipastikan ekonomi lokal akan terguncang, salah satu cara untuk mengurangi guncangan adalah konsumen harus beralih pada produk lokal selain itu penggunaan barang lokal akan meningkatkan lapangan kerja sehingga akan mengurangi pengangguran.

Pengalihan penggunaan produk impor kepada produk lokal sangat diperlukan khususnya produk yang bisa diproduksi sendiri. Perekonomian lokal harus bisa dilindungi guna mencegah merembetnya krisis eropa terhadap perekonomian Indonesia, pemerintah sendiri harus mengeluarkan kebijakan yang bisa menghindarkan Indonesia dari dampak krisis global ini tetapi sayangnya kebijakan pemerintah kebanyakan hanya membuat pasar Inddonesia sangat tergantung terhadap pasar global.

Peredaran produk impor sendiri saat ini tidak terkontrol bahkan bisa lebih murah dari produk lokal padahal produksi produk tersebut akan membantu peningkatan tenaga kerja jika diproduksi sendiri. Oleh karena itu peran konsumen sangat penting guna mencegah krisis yang bisa melanda Indonesia.

No comments:

Post a Comment