Pages

Thursday, July 5, 2012

Konsumsi Produk Lokal Selamatkan dari Krisis

Medan - Wakil Menteri Perdagangan RI, Bayu Krisnamurthi mengatakan Indonesia selamat dari efek krisis yang menerpa benua Eropa dan Amerika dikarenakan tingginya konsumsi produk dalam negeri.

”Kita terselamatkan dari krisis yang terjadi di Amerika dan Eropa karena konsumsi domestik kita yang tinggi,” katanya saat membuka Pameran Pangan Nusa dan Pameran Produk Dalam Negeri di Lapangan Merdeka Medan, Sumatera Utara, dalam siaran pers Kementerian Perdagangan, Kamis (28/6).

Dengan demikian, penggunaan produk konsumsi bagi rumah tangga dan masyarakat Indonesia secara luas diharapkan lebih memprioritaskan penggunaan buat dalam negeri. Ini dikarenakan akan berdampak secara langsung terhadap perekenomian dalam negeri.

“Oleh karenanya, konsumsi domestik harus terus diarahkan kepada produk‐produk dalam negeri. Dampaknya tentu akan sangat positif terhadap perekonomian Indonesia dan kesejahteraan masyarakat,” paparnya.

Pameran yang digelar di Medan, Sumatera Utara, mengangkat tema Diversifikasi Pangan Nasional” dan “Peningkatan Transaksi Domestik melalui Misi Dagang Lokal” mulai hari ini, Kamis  28 Juni hingga 1 Juli 2012.

Pameran digelar diharapkan lebih mengenalkan keanekaragaman produk dalam negeri dan produk kuliner Indonesia kepada masyarakat, sehingga produk Indonesia mampu menjadi tuan rumah yang baik di pasar dalam negeri.

Menurut Wamen, Indonesia yang jumlah penduduknya mencapai 240 juta jiwa adalah pasar yang besar. Hal tersebut didukung dengan meningkatnya jumlah masyarakat kelas menengah yang mencerminkan peningkatan daya beli masyarakat, sehingga potensi pasar domestik jelas tidak boleh diabaikan.

“Jika bukan produsen Indonesia yang memanfaatkan pasar dalam negeri, maka pengusaha asing yang akan memanfaatkannya. Banyak pengusaha luar yang sangat sadar dengan potensi pasar domestik Indonesia,” imbuhnya.

Sumber :
http://erabaru.net/

No comments:

Post a Comment